About Microsoft Word 2019

Postingan kali ini saya bertujuan untuk menjelaskan tentang Microsoft Word 2019 resume dari modul 2

Cara Mengatur Heading

Di tahap ini font dijadikan 18 dan rata tengah pada Heading
Ini adalah Heading yang sudah jadi

Membuat Daftar Gambar
Selain membuat daftar isi secara otomatis, pada Microsoft Word 2019 juga dapat membuat daftar gambar yang terdapat pada dokumen kita.

Memberikan Caption Untuk Gambar
1. Klik pada gambar yang ingin diberi caption
2. Aktifkan ribbon References
3. Pilih tombol icon Insert Caption
4. Klik New Label untuk membuat nama Caption baru selain yang ada di dropdown Label
5. Jika nomor gambar ingin mengikuti nomor bab (yang telah diberi style Heading), cek pilihan Exclude label from caption
6. Position digunakan untuk menagtur posisi catatan kaki. Pilihannya adalah Above selected item (diletakkan di atas gambar) atau Below selected item (diletakkan di bawah gambar). Untuk keterangan gambar, position yang biasa digunakan Below selected item
7. Klik Ok

Page Break
Page Break berguna untuk mengakhiri sebuah halaman yang sedang ditulis, dan berpindah ke halaman selanjutnya. Hal ini bermanfaat terutama pada perpindahan bab sebuah buku, di mana sebuah bab akan diawali pada sebuah halaman baru. Dengan page break, kita tidak perlu menekan tombol enter sebanyak mungkin agar dapat berpindah ke halaman berikutnya.

Letakkan kursor pada kata sebelum “Etimologi” kemudian klik tab insert lalu klik Page Break
Setelah Page Break diklik bagian “Etimologi” akan pindah pada halaman yang baru

Multikolom
Pada koran atau jurnal ilmiah, tulisan seringkali dibuat dalam bentuk beberapa kolom.

Pertama sebelum membuat Multikolom pilih paragraf yang akan diubah menjadi Multikolom
Lalu klik tab Layout, kemudian klik Columns, dan pilih Two agar paragraf terbagi menjadi dua kolom
Lalu inilah hasil dari Multikolom

Membuat Daftar Pustaka

Klik tab Referencces, lalu pilih Manage Sources, kemudian klik New, lalu pilih Typr of Source, isikan data contoh seperti diatas, lalu klik OK
Lalu klik Close
Posisikan kursor dibawah bagian Daftar Pustaka, kemudian klik tab Prefences, klik Bibliography
Daftar Pustaka telah selesai dimasukkan

Fitur Komentar
Ketika membuat suatu dokumen, terutama ketika berkolaborasi dengan orang lain, terkadang kita ingin memberikan keterangan mengapa suatu bagian ditulis sedemikian rupa, atau terkadang kita ingin mengomentari hasil pekerjaan orang lain. Hal ini dapat dilakukan melalui fitur komentar.

Pilih bagian yang ingin dikomentari, klik tab Review, klik tombol New Comment, lalu tulis komentar yang anda ingin masukkan
Contoh komentar yang saya input seperti ini
Kita juga dapat melihat daftar kumpulan komentar yang ada dalam dokumen melalui tombol Reviewing Pane pada tab Review.
Untuk menghapus sebuah dokumen, dapat dilakukan dengan mengeklik tombol Delete pada tab Review.

Sekian postingan resume dari modul 2 kali ini apabila masih banyak menemukan kekurangan silahkan koreksi karena saya pribadi masih dalam proses pembelajaran untuk benar, Terimakasih 🙂

Published by arsenioabi

Work Hard, Pray Hard

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *