About Microsoft Excel 2019

Pada Postingan kali ini saya bertujuan untuk menjelaskan tentang Microsoft Excel 2019

Anatomi awal Microsoft Excel 2019


Bagian – Bagian Beserta Fungsinya :
Office Button, Berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi
umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, Exit Word.
Quick Access, Tools yang berisi kumpulan tombol perintah (command button) yang relatif sering digunakan. Contohnya Save, Undo, Redo, Open, New.
Title Bar, Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu “Book1”.
Tombol Ukuran,  Berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi, apakah Maximize, Minimize, atau Close.
Menu Bar, Bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.
Tool Bar, Bagian yang berisikan tool (alat) untuk bekerja di Ms.Excel.
Name Box, Bagian yang menampilkan nama lokasi sel yang sedang aktif.
Formula Bar, Bagian yang berfungsi untuk memasukan rumus yang akan digunakan.
Column, Bagian yang menampilkan bagian kolom yang ditandai dengan huruf alfabet.
Rows (Baris), Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka.
Document Area, Bagian lembar kerja Ms.Excel (yang mencakup kolom dan baris).
Active Cell (Sel Aktif), Merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.
Tab Worksheet, Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.
Insert Worksheet, Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.
Vertical Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan bawah.
Horizontal Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri.
Status Bar, Bagian yang menampilkan status lembar.
Tampilan Layar, Bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.
Zoom, Bagian yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.

Pintasan pada Microsoft Excel 2019

Berikut adalah beberapa daftar pintasan (shortcut) yang dapat digunakan pada Microsoft Excel 2019.

Membuat Tabel

Menggunakan mouse lalu di blok semua, klik kiri mouse kemudian seret kursor mulai dari sel A1 hingga H18 pada contoh diatas.
Klik tombol bergambar kotak-kotak yang terletak pada tab Home, lalu pilih All Borders.
Selesai

Menggabungkan Beberapa Sel
Kita telah berhasil memberikan garis border pada tabel tersebut, namun tampilannya saat ini masih kurang sempurna. Kita ingin menyatukan beberapa sel agar tampilannya berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.

Menggunakan tetikus, klik dan seret kursor dari sel A1 ke A2.
Pada tab Home, klik tombol Merge & Center
Pilih pengaturan alignment pada tab Home seperti di bawah ini agar tampilan teks pada sel yang telah disatukan rata secara vertikal dan horisontal.
Selesai. Ulangi lagi cara-cara di atas agar tampilan tampak seperti di bawah ini.

Mengambil/Menyunting Karakter

1. LEFT (Mengambil Karakter Kiri)
Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya (sintaks) adalah =LEFT(text,num_chars)

2. MID (Mengambil Karakter Tengah)
Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah
=MID(text,start_num,num_chars)

3. RIGHT (Mengambil Karakter Kanan)
Right ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars)

Fungsi Logika

Operasi Rasional

Macam-macam Fungsi Logika

Logika Ganda
Berikut ini adalah penggabungan antara Fungi Logika IF dengan Fungsi Logika AND; dan penggabungan antara Fungi Logika IF dengan Fungsi Logika OR.

Sekian postingan resume dari modul 3 tentang Microsoft Excel 2019 kali ini apabila masih banyak menemukan kekurangan silahkan koreksi karena saya pribadi masih dalam proses pembelajaran untuk benar, Terimakasih

πŸ™‚

Published by arsenioabi

Work Hard, Pray Hard

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *